Desember 05, 2011

Kolaborasi Seni Indonesia-India di Biennale ke-11

Budi W - GudegNet


Gelaran event seni rupa 2 tahunan yang bertajuk Biennale kini sudah masuk di event yang ke-11. Kolaborasi 26 seniman nasional dan 16 seniman India bisa disaksikan di Yogja Nationa Museum dan Taman Budaya Yogyakarta, sejak Sabtu (26/11) dan berakhir 8 Januari 2012.
Event yang tajuk "Shadow Lines; Indonesia Meets India", ini adalah biennale yang jumlah pesertanya paling banyak dari seniman asing sejak pertama diselenggarakan.
Ditemui Tim Gudegnet kurator Alia Swastia mengungkapkan bahwa latar belakang diajaknya India untuk terlibat dalam event ini karena terdapat aspek akselerasi budaya, religiusitas dan spiritualitas masyarakat kedua negara yang hampir sama. Ia juga mengatakan bahwa produktivitas seniman India juga merupakan salah satu dasar pertimbangan mengapa negara itu dipilih.

"Kolaborasi seniman Indonesia-India mengisyaratkan pentingnya membangun dialog budaya dan kerjasama antar bangsa" Jelas Sri Sultan HB X.

Beliau juga menjelaskan bahwa pameran seni oleh seniman Indonesia dan india ini dapat mendekatkan kembali momentum neo-evolusi dalam sinergi membangun peradaban oleh kedua negara.


Tag: biennale tby jnm