Desember 12, 2011

Trend Interior Rumah 2011

Dear teman-teman BR,
Senang sekali rasanya bisa terus menemani teman-teman di tahun 2011 ini. Bagi yang memiliki rencana untuk merenovasi atau mendekorasi ulang rumah, mungkin info mengenai Trend Interior 2011 ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.
Kami telah berdiskusi serta melihat berbagai sumber seperti buku-buku dan majalah untuk mengetahui lebih jauh tentang seperti apa sih kira-kira trend interior di tahun 2011 ini. Terus terang kami senang sekali menemukan bahwa ternyata banyak sekali terjadi perubahan yang sangat mencolok dari trend interior yang justru menjauh dari unsur kemewahan.
Sebenarnya style seperti telah cukup banyak muncul dan bisa kita lihat di interior kafe atau restaurant yang bisa kita temukan di mal-mal. Jika kita perhatikan lebih lanjut, maka bisa kita lihat bahwa gaya interior saat ini sudah bergeser dari kesan minimalis yang berkesan mewah ke arah gaya rumahan (homey style). Banyak dari restaurant menggunakan suasana ruang tamu pada desainnya. Dari segi bahan/materialnya, kita banyak melihat penggunaan kayu-kayu yang berkesan rustic dan tua, bukan lagi menggunakan kayu yang berkesan mewah.
Pergesaran nilai ini banyak dipengaruhi oleh kondisi krisis ekonomi global yang masih berlangsung. Banyak dari kita kemudian tersadarkan bahwa uang serta kemewahan yang selama ini dikejar ternyata bisa hilang dalam sekejap saat bursa saham hancur. Dengan kondisi demikian, kita kemudian tersadarkan bahwa keluarga kita jauh lebih berharga dari kemewahan yang selama ini kita kejar. Hal yang terjadi di seluruh dunia ini kemudian ikut menggeser gaya interior menjadi lebih sederhana dan rumahan. Ada beberapa kata kunci yang mungkin bisa menggambarkan trend 2011:
  • HUMAN. Semua desain mengacu pada kebutuhan manusia dan lebih bernilai kemanusiaan. Tidak ada lagi nilai-nilai yang mengesankan keangkuhan.
  • HONEST. Bahan-bahan yang digunakan memiliki nilai-nilai kejujuran. sehingga penggunaan bahan-bahan alami menjadi prioritas. Bambu terekspos seperti aslinya dan kayu di finishing secara alami. Beruntunglah bahwa kita hidup di Indonesia dimana bahan kayu sangat berlimpah. Sehingga penggunaan finishing naturalpun sudah dapat memperindah rumah anda.
  • HUMBLE. Kesederhanaan menjadi poin utama dari desain interior tahun 2011.
  • HOMEY. Kenyamanan dalam rumah juga menjadi hal yang utama pada interior tahun 2011 karena lebih banyak orang yang memilih untuk tinggal ataupun bekerja dirumah saat ini. Sehingga suasana rumah yang nyaman akan sangat mempengaruhi mood dari orang-orang yang tinggal didalamnya.
  • HANDMADE. Barang-barang interior buatan tangan seperti rajutan, ukiran kayu, serta barang-barang kerajinan tangan lainnya, dapat menjadi pilihan asesoris rumah yang cantik dengan harga yang terjangkau.
Untuk warna, trend interior 2011 ini banyak menggunakan warna-warna teduh yang alami, tidak lagi menggunakan warna tajam yang kuat. Sehingga karakter warna sangat mendukung keseluruhan karakter interior seperti HUMAN, HONEST, HUMBLE, HOMEY dan HANDMADE. Berikut contoh-contoh warna yang bisa dijadikan acuan saat anda ingin mengecat atau mengganti suasana rumah (warna dan gambar courtesy dari Akzo Nobel).